Selasa, 31 Oktober 2023

Tom Hardy Sosok Aktor Hollywood yang memiliki Kepedulian Sosial yang Tinggi lewat Prestasi Brazillian Jiujitsu nya.

Tom Hardy, Aktor Hollywood yang Peduli dengan Kesehatan Mental Veteran dan Penyintas Trauma berkiprah melalui olahraga Brazillian Jiujitsu yang digelutinya.

Tom Hardy adalah aktor Hollywood yang terkenal dengan perannya sebagai Bane dalam film Batman, Venom dalam film Marvel, dan Max Rockatansky dalam film Mad Max. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa Hardy juga memiliki kepedulian tinggi terhadap kesehatan mental veteran militer, mantan personel layanan, dan pekerja layanan darurat yang mengalami cedera fisik, gangguan stres pasca-trauma (PTSD), dan depresi.

Hardy adalah salah satu pendiri dan pengurus REORG, sebuah organisasi nirlaba global yang mengajarkan jiu-jitsu Brasil, sebuah seni bela diri yang melibatkan pegangan, kuncian, dan cekikan, kepada orang-orang yang membutuhkan terapi fisik dan mental. Hardy sendiri mulai belajar jiu-jitsu Brasil pada tahun 2011 saat mempersiapkan perannya sebagai petarung dalam film Warrior


Ia mengaku bahwa olahraga ini membantunya mengembangkan ketahanan batin, ketenangan, dan kesejahteraan1.

Pada bulan Agustus 2023, Hardy mengejutkan banyak orang dengan ikut serta dan menjuarai REORG Open Jiu-Jitsu Championship di Wolverhampton, sebuah turnamen yang bertujuan menggalang dana untuk REORG2.


 Hardy berkompetisi di bawah nama aslinya, Edward, dan berhasil memenangkan dua medali emas di kategori gi (seragam tradisional jiu-jitsu Brasil) dan no-gi (tanpa seragam)3. Hardy juga berpartisipasi dalam turnamen amal jiu-jitsu lainnya untuk REORG pada bulan September 2023 dan kembali meraih kemenangan4.

Hardy mengatakan bahwa ia berpartisipasi dalam turnamen-turnamen tersebut sebagai bentuk dukungan kepada REORG dan pekerjaannya yang luar biasa dalam mendukung kesehatan mental dan kesejahteraan veteran dan penyintas trauma melalui manfaat terapi jiu-jitsu Brasil dan latihan kebugaran1. Hardy juga mengungkapkan bahwa ia memiliki pengalaman pribadi dengan masalah kecanduan dan kesehatan mental. Ia pernah mengalami kecanduan alkohol dan narkoba pada tahun 2002 dan berhasil pulih dari kondisi tersebut5.

Hardy adalah salah satu contoh dari selebriti yang menggunakan ketenaran dan bakatnya untuk tujuan sosial yang mulia. Ia menunjukkan bahwa jiu-jitsu Brasil bukan hanya sekadar olahraga, tetapi juga alat untuk menyembuhkan luka batin dan memberdayakan diri sendiri dan orang lain.

Learn more:

1. espn.com2. nypost.com3. jiujitsu-news.com4. theguardian.com5. marca.com+2 more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar