Kamis, 03 Desember 2020

TIPS MEMILIH NUNCHAKU YANG BENAR DAN TEPAT

Rasa bingung, pusing itulah saat pertama kali kita tertarik dengan senjata beladiri ini. Ingin memulai berlatih untuk sekedar bisa tehniknya saja, atau menjadi pemain nunchaku profesional sungguhan adalah awal mula tujuan kita membeli/memiliki nunchaku. Syukur-syukur jika bisa menjadi pemain Nunchaku profesional beneran, tapi itu semua butuh  suatu proses, dimana bisa jadi awal mula kita hanya sekedar iseng atau senang memainkannya disaat2 waktu senggang, tetapi lama kelamaan menjadi addicted(ketagihan) dan mendorong rasa penasaran kita untuk terus memperdalam tekniknya lebih jauh lagi. Apapun alasan dan tujuan kita, jauh lebih penting untuk kita tahu dasar-dasar memilih Nunchaku dengan benar sebelum belajar tehniknya, agar tidak menyesal dikemudian hari. Berikut akan saya beritahukan  caranya:
1. Jika anda orang dewasa, biasanya anda akan memilih Nunchaku yang panjangnya antara pergelangan telapak tangan (Wrist) orang dewasa sampai siku tangan (elbow), rata2 panjangnya untuk orang dewasa 32 cm. Karena jika terlalu panjang akan gampang memukul dan melukai tubuh sendiri, jika terlalu pendek akan sulit mengontrol dan menangkapnya.

mengukur Nunchaku 

 Diameter dari Nunchaku itu sendiri umumnya 2,5 cm karena diameter ukuran tersebut termasuk kategori slim (ramping) untuk sebuah nunchaku yang mana akan memudahkan pemainnya memainkan gagang nunchaku dengan lincah dengan jarinya. Akan tetapi jika diameter terlalu besar akan mengakibatkan si pemain akan susah mengontrol gagang nunchaku lewat jari-jarinya.Sekali lagi sy tekankan disini Diameter 2,5 cm bukan suatu angka yang mutlak, sebab ukuran diameter ditentukan oleh pilihan/selera individu masing-masing. Bisa jadi anda mempunyai tangan dan jari jemari yang besar dan tujuan anda memiliki Nunchaku yang utama adalah sebagai senjata beladiri yang akan anda bawa kemanapun. Bila itu persoalannya maka idealnya anda harus memiliki nunchaku yang diameternya lebih dari 2,5 cm (agak gemuk) serta berat.

2.Pilih gaya Nunchaku China atau Jepang ? Umumnya bentuk model Nunchaku ada dua jenis yaitu model Cina dan Jepang. Model Cina umumnya mempunyai diameter sama antara awal gagang sampai ujung gagang dan berbentuk silinder, sebagaimana bentuk nunchaku yang kita kenal pada umumnya sekarang. Sedangkan model Jepang berbentuk Octogonal (segidelapan)yang mana pada diameter awal gagang yang menyambung ke konektor lebih kecil daripada diameter ujung gagangnya. Nunchaku gaya Jepang lebih banyak digunakan untuk bertarung dikarenakan bentuknya yang octogonal (bersudut tajam), karena bisa memberikan dampak kerusakan yang sangat significant terhadap objek yang dikenainya, dan biasanya lebih berat dari Nunchaku gaya Cina. Sedangkan Nunchaku gaya Cina lebih nyaman dipakai oleh berbagai tipe tangan orang.

Nunchaku Octagon Model Okinawa Jepang

Nunchaku Rounded model China

3. Dari segi konektor, yang dimaksud dengan konektor disini adalah tali atau rantai yang menyambungkan gagang Nunchaku satu dengan gagang nunchaku lainya. Lantas timbul pertanyaan;" lalu Nunchaku jenis konektor apa yang sebaiknya saya pilih ? Tali atau rantai?" sebelum saya menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya kita mengetahui seluk beluk kelebihan dan kelemahan masing2 bahan konektor.
Konektor Tali => kelebihan : lebih ringan, flexible tidak mudah rusak atau putus jika
Nunchaku  berbenturan dengan benda sangat keras, dan juga lebih ringan.
Kekurangan : gampang putus jika pemakai nunchaku menggunakannya untuk
menangkap bilah pisau (beladiri)
Konektor Rantai=>Kelebihan : lebih kuat,  bisa untuk menangkap pisau/bilah tajam.
Kekurangan : lebih mudah putus jika Nunchaku berbenturan dengan benda
 sangat keras.
Jadi yang mana yang  harus anda pilih? jawabannya tergantung kebutuhan anda.
Panjang konektor Nunchaku gaya Cina lebih panjang daripada Nunchaku gaya Jepang, biasanya panjangnya 22 cm berbanding terbalik  dengan gaya Nunchaku bebas (Pro Cux) yang hanya butuh konektor beberapa cm saja. Dilihat dari segi Beladiri nunchaku dengan konektor panjang gaya Cina mempunyai kelebihan yang lebih kentara dalam hal menyerang objek, selain itu dapat mengunci anggota tubuh lawan/persendian lawan dikarenakan konektornya yang panjang, tetapi kelemahannya sulit dikontrol, atau bahkan dapat menyakiti tubuh kita jika kita tidak waspada. Sedangkan nunchaku yang konektornya lebih pendek kurang begitu significant dalam hal menyerang objek, tapi lebih mudah di kontrol/ditangkap. Umumnya ukuran panjang konektor Nunchaku yang standar (tidak panjang tidak pendek) adalah kurang lebih 12 cm (lebar telapak tangan orang dewasa).

 

 

3.Bagaimana dengan berat NunchakuBerat Nunchaku sangat mempengaruhi performance nunchaku baik itu untuk pertunjukan keterampilan bermain Nunchaku maupun untuk bertarung. Pilih berat nunchaku sesuai kebutuhan anda. Berikut adalah kriteria berat Nunchaku :
A.  Nunchaku dengan berat antara 500 sampai 100 gram, ini termasuk jenis nunchaku Ringan, oleh karena itu diperlukan konektor dengan panjang kurang dari 6 cm karena jika tidak akan sulit kita kontrol. Umumnya Nunchaku ini dimasukkan dalam kategori Pro Cux.
B.  Nunchaku dengan berat antara 100 gram sampai 230 gram, ini termasuk jenis nunchaku tipe standar, cocok digunakan oleh siapa saja.
C. Nunchaku dengan berat lebih dari 230 gram, termasuk kedalam jenis Nunchaku untuk bertarung (Combat Nunchaku) karena mempunyai kekuatan menghancurkan yang besar, tetapi lebih sulit untuk mengontrolnya tepat sesuai keinginan kita, kecuali untuk nunchaku yang mempunyai konektor panjang ( lebih dari 14 cm).
D. Nunchaku dengan berat lebih dari 600 gram. Berapapun panjang konektor tidak masalah, Nunchaku jenis ini hanya cocok untuk pertarungan.

Sumber : http://www.nunchaku-sfw.com/index.php?tab=dossiers&page=dossiers_caracteristiques&lang=en&art=carac_dimensions

Baca Juga :

-SENJATA TRADISIONAL SENI BELADIRI (KOBUDO khas OKINAWA JEPANG)

- Aneka Macam  Senjata Tradisional Seni Beladiri

  



Tidak ada komentar:

Posting Komentar