Jumat, 13 November 2020

Seni Beladiri berbasis Tendangan / kaki efektifkah di pertarungan nyata?

          Seni beladiri berbasis Tendangan atau kaki banyak bermunculan di zaman sekarang ini ini dikarenakan tuntutan dunia hiburan/entertaintment yang menuntut inovasi agar filem-filem  bergenre action tidak membosankan dalam adegan teknik fightingnya. Teknik teknik akrobatik, kelenturan kaki/tendangan bahkan teknik yang aneh (yg tidak umum dipakai) pun dipertontonkan dalam adegan itu, yang lain tidak bukan adalah untuk memukau penonton, yang ujung-ujungnya menaikkan rating atas film tersebut. Yang jadi pertanyaan utama adalah benarkah teknik tendangan yang seperti ada di film2 itu efektif di pertarungan dunia nyata? seberapa efektifkah teknik tendangan tersebut di dunia nyata. Berikut ini akan kita kupas lebih dalam.   

          Menurut pendapat sy pribadi, beladiri menggunakan kaki /tendangan dalam kejadian pertarungan real di jalanan  akan sangat berbahaya dan fatal. Karena jika kaki kita sampai terluka atau cedera dalam suatu pertarungan maka keselamatan kita bisa terancam, karena kita tidak bisa berlari, bahkan berjalan. Jangankan untuk memenangkan pertarungan, menghindari pertarungan saja kita tidak mampu karena kaki kita cedera. Akhirnya kita babak belur jadi bulan-bulanan musuh atau lawan kita alias mati konyol. Untuk itulah kebanyakan ilmu seni beladiri seperti pencak silat, Ninjutsu dan lain-lain menggunakan tendangan/kaki dengan porsi yang lebih sedikit ketimbang pukulan/tangan. Apalagi jika kita lebih sering/suka  menggunakan tendangan tinggi dari pada tendangan rendah, maka peluang untuk cedera kaki atau bahkan kekalahan yang kita terima  akan lebih besar. Sebenarnya peluang/momentum kita memenangkan sebuah  pertarungan dengan menggunakan tendangan tinggi adalah lebih kecil dibandingkan dengan menggunakan tendangan sedang ataupun dengan pukulan.

         Penggunaan tendangan tinggi juga berpotensi membuka area2 yang ada pada sikap bertarung kita, sehingga musuh lebih mudah menyerang area tubuh kita yang luput dari pertahanan kita, dgn kata lain jika kita melepaskan tendangan tinggi ke arah musuh, itu sama saja kita berspekulasi dan siap memberikan tumbal ke area bagian2 tubuh kita yang akan menjadi target empuk serangan lawan. Itulah sebabnya dalam pertandingan MMA tendangan tinggi tidak sering dilakukan hanya sewaktu-waktu saja, jika momennya tepat. Sebagai ilustrasi seorang mma fighter mempunyai skill di tendangan tinggi alias mempunyai kaki yg lentur sebut saja namanya A dan dia berhadapan dgn seorang yg fighter yg tidak terlalu punya kelebihan di kaki tetapi dia agak sedikit punya kelebihan di tangan namanya B. Si A ingin buru2 menghabisi si B dgn skill tendangan tingginya yg mematikan dan sekalian ingin memukau penonton dgn kakinya yg lentur tsb. Tetapi si B buru2 mencederai kakinya dgn pukulan dan tangkisan yg dikuasainya. Alhasil si A dalam waktu singkat mengalami kekalahan sebelum ia mengeluarkan seluruh tenaganya dan teknik2 nya. Dalam ilustrasi ini disimpulkan bahwa jika seseorang tergesa-gesa utk memakai tendangan maka kekalahan lah yg akan cepat dia terima. Ini sekedar pendapat pribadi sy. 
 
          Dalam beladiri nyata juga demikian sbg contoh: jika kita mengalami penodongan di dalam kereta atau dalam tempat yg sempit atau tidak rata, akankah kita akan mengeluarkan tendangan ? Tentu tidak, di tempat luas dan tidak ratapun kita tidak bijak mengeluarkan teknik tendangan jika sang penodong dapat dilumpuhkan oleh gerakan yg simple dari tangan.  Sy mengagumi seni beladiri kaki hanya sebatas mengagumi sebagai karya seni seniman beladiri yang mewarnai khasanah jagat perbeladirian di dunia. Sebab tanpa mereka jagad perbeladirian akan menjadi monoton, tidak ada variasi dan daya tariknya sama sekali. Kebanyakan penggunaan seni Beladiri yg berbasis pada kaki digunakan utk keperluan pertunjukan atau entertaintment saat ini.

1 komentar:

  1. Classic Iron-Iron Spinning Rods - Titanium Arts
    Classic Iron-Iron Spinning Rods · Classic Iron-Iron Spinning Rods · titanium engine block Classic Iron-Iron Spinning titanium damascus knives Rods · Classic Iron-Iron urban titanium metallic Spinning suppliers of metal Rods · titanium gravel bike Classic Iron-Iron Spinning Rods · Classic Iron-Iron Spinning Rods · Classic Iron

    BalasHapus